SEMA Sosialisasikan FMKI dan IHMSI Kepada Mahasiswa

SEMA Sosialisasikan FMKI dan IHMSI Kepada Mahasiswa

Tanggal Posting (20-12-2017) Camelia Iltazami

Photo by: Destriana P.

Rabu (20/12),telah dilaksanakan FISHER, yakni sosialisasi tentang FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia) dan IHMSI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia) di auditorium STIS. Acara yang bertujuan untuk mengenalkan organisasi eksternalyang diikuti oleh STIS kepada seluruh mahasiswa, terutama tingkat I dan II ini menghadirkan 2 pembicara, yakni Reza Fardiansyah P.D. sebagai Ketua Dewan Pusat FMKI serta Abdul Hakim M. sebagai Wasekjen IHMSI Pusat.  

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua SEMA STIS, Ahmad Kosasih. Dia menjelaskan bahwa penting bagi mahasiswa untuk mengetahui apa saja organisasi yang diikutioleh IMASTIS. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat berperan dan mendukung sepak terjang alamamater di kancah eksternal.

Pada materi pertama, Reza Ferdiansyah menuturkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan mutu pendidikan terendah di dunia. Banyak dari siswa dan mahasiswa yang justru lupa dengan apa yang telah dipelajari berberapa tahun sebelumnya. Hal inilah yang menjadi tugas kita khususnya sebagai mahasiswa kedinasan untuk memperbaiki mutu tersebut, yakni dengan mengembangkan diri sehingga dapat mengabdi secara maksimal kepada masyarakat, terutama dalam memajukan daerah. Dengan demikian, diharapkan pandangan masyarakat yang kurang sadar akan pendidikan bisa berubah karena mendapat gambaran nyata bahwa pendidikan juga bisa menghasilkan praktisi-praktisi ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Reza sangat mengapresiasi antusiasme mahasiswa STIS sendiri untuk mengikuti acara ini. “Acara ini sangat bermanfaat agar dapat membuka wawasan mahasiswa terhadap organisasi eksternal khususnya untuk perguruan tinggi kedinasan, sehingga tidak hanya sekadar menjadi mahasiswa ‘jago kandang’, namun juga dapat mengembangkan kemampuan dengan bersaing secara sehat dengan mahasiswa di kampus-kampus lain,” tutur mahasiswa Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial ini.

Photo by: Destriana P.

Menurut Reza, penting sekali untuk mengadakan FISHER ini. Dia berharap ke depannya acara pengenalan ini sasarannya lebih luas lagi serta ada stakeholder dari tingkat lembaga agar persepsi antara mahasiswa dengan lembaga tidak bertentangan. Selain itu mahasiswa perlu diberikan stimulus terlebih dahulu mengenai materi yang akan disampaikan sehingga ketika acara berlangsung, mereka dapat memberikan feedback yang baik dan semakin banyak pertanyaan yang dimunculkan.

Reza juga berpesan agar mahasiswa STIS lebih aktif dalam berorganisasi. Tak hanya aktif, namun juga dapat berkontribusi penuh, terutama saling bertukar ilmu dengan PTK lain dan berbagi ilmu dengan masyarakat sekitar, yang mana itu merupakan salah satu tugas sebagai mahasiswa sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian terhadap masyarakat.

Materi kedua yang disampaikan oleh Abdul Hakim M. memaparkan bahwa mahasiswa STIS sangat perlu untuk terlibat aktif dalam kepengurusan IHMSI. Hal ini karena STIS sebagai sekolah kedinasan yang bergerak di bidang statistika sangat erat kaitannya dengan tujuan IHMSI yakni untuk menggalang kerjasama dan sebagai wadah pengembangan mahasiswa statistika seluruh Indonesia. 

Sedangkan koordinator Humas SEMA, Amelia Rizki, berpendapat bahwa FISHER ini adalah untuk memberitahukan kepada para mahasiswa bahwa STIS juga menjalin hubungan dengan perguruan-perguruan tinggi lain. Setelah tahu, Amelia berharap mahasiswa dapat berperan dalam kegiatan-kegiatan FMKI dan IHMSI sehingga dapat berprestasi dan meningkatkan eksistensi STIS sendiri di kalangan perguruan tinggi lain, baik negeri maupun kedinasan. Dan ke depannya, kepengurusan FMKI dan IHMSI tidak hanya ditujukan kepada pengurus SEMA, melainkan seluruh mahasiswa STIS memiliki hak yang sama untuk terjun di dalamnya.

Terakhir, acara ini ditutup setelah dilaksanakan sesi tanya jawab yang disambut dengan berbagai pertanyaan menarik dari mahasiswa STIS. 

Photo by:





Stay Tuned

Copyright © 2023 Media Kampus STIS