Politeknik Statistika STIS Gelar Kuliah Perdana 2019

Politeknik Statistika STIS Gelar Kuliah Perdana 2019

Tanggal Posting (19-08-2019) Radhika A.S.

Photo by: Nadiyah H.

Senin (19/8), auditorium Politeknik Statistika STIS kembali ramai dihadiri mahasiswa tingkat II , III, dan IV untuk mengikuti kuliah perdana. Acara ini kembali terselenggara sebagai penanda dimulainya tahun ajaran baru di lingkungan Polstat STIS. Mengusung tema “Statistika di Era Revolusi Industri 4.0”, Dr. Suhariyanto selaku Kepala BPS RI dan Dr. Margo Yuwono S.Si., M.Si selaku Deputi Bidang Statistik Sosial diundang untuk memberikan materi terkait.

Acara dimulai dengan sambutan meriah berupa flashmob atas kedatangan dua narasumber tersebut. Selanjutnya, pemaparan materi dibuka oleh Bapak Dr. Suhariyanto. Beliau menjelaskan bagaimana revolusi industri secara khusus telah memberi dampak besar bagi ilmu statistika melalui ide dan inovasi yang terus bermunculan. Beliau juga memaparkan bagaimana BPS telah memanfaatkan revolusi industri 4.0 dalam tugasnya sebagai institusi negara yang bertujuan untuk menghasilkan data akurat bagi Indonesia. Lebih dari itu, ilmu statistika yang terintegrasi dengan teknologi masa kini telah membantu BPS dalam memberi kontribusi untuk pemerintahan dan peradaban di negeri ini.

Photo by: Nadiyah H.

Sejalan dengan penjelasan Bapak Dr. Suhariyanto, Bapak Dr. Margo Yuwono menginformasikan bahwa Sensus Penduduk ke-7 yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatangkan berbagai inovasi dibandingkan sensus-sensus sebelumnya di Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa sensus penduduk 2020 mendatang menerapkan metode kombinasi (combine method) yang menggunakan Computer Aided Web Interviewing (CAWI), Computer Asisted Personal Interview (CAPI), dan Pen and Paper Interviewing (PAPI) untuk mengumpulkan data dari masyarakat yang berada di wilayah Indonesia.

Photo by: Fourlantino

Bapak Dr. Margo Yuwono mengakhiri materi yang diberikannya dengan mengajak mahasiswa Polstat STIS dengan sukarela membantu menyukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan cara memberi pemahaman dan bantuan kepada masyarakat sekitar berkenaan dengan sensus.





Stay Tuned

Copyright © 2023 Media Kampus STIS