Senat Mahasiswa Polstat STIS Gelar Imapolstat Expo 2021

Senat Mahasiswa Polstat STIS Gelar Imapolstat Expo 2021

Tanggal Posting (07-12-2021) Marini Safa Aziza

Photo by: Senat Mahasiswa Polstat STIS

Minggu (5/12), Senat Mahasiswa Politeknik Statistika STIS menyelenggarakan Imapolstat Expo 2021 sebagai wadah perkenalan mahasiswa terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Komunitas, dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Polstat STIS. Acara yang bertajuk “Space Exploration” ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Senat Mahasiswa Polstat STIS.


Acara dibuka dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Polstat STIS, serta sambutan dari Firda Lailatun Naafi selaku ketua pelaksana dan Iqbal Muharram selaku Ketua Senat Mahasiswa 2021/2022. Naafi berharap terselenggaranya Imapolstat Expo 2021 dapat menjadi wadah pengenalan terhadap kegiatan nonakademik serta momentum penemuan minat dan bakat, khususnya bagi mahasiswa angkatan 63. Ir. Agus Purwoto, M.Si., Wakil Direktur III Polstat STIS, juga turut memberikan sambutan. Ia menyampaikan bahwa setiap mahasiswa diharuskan memilih minimal satu kegiatan nonakademik sebagai penunjang pembelajaran tanpa mengabaikan keseimbangan dengan kegiatan akademik.


Open house UKM, komunitas, dan ormawa yang merupakan bagian dari Imapolstat Expo telah terselenggara secara bertahap dari 25 November sampai 3 Desember 2021. Penayangan after movie open house mengawali inti acara Imapolstat Expo 2021. After movie yang ditayangkan mencakup gelaran open house dari UKM Kerohanian, UKM Pendidikan dan Kebudayaan (Udikbud), hingga UKM PMKL, dan disambung oleh komunitas dan keempat ormawa Politeknik Statistika STIS.

Photo by: Senat Mahasiswa Polstat STIS

Acara kemudian dilanjutkan dengan rangkaian penayangan video pengenalan setiap UKM. Perkenalan dimulai dari UKM Olahraga Divisi Senam, Taekwondo, Tenis Lapangan, Pencak Silat, dan Gym Polstat STIS. Penampilan dari UKM Excelsior serta selingan games yang diikuti para peserta dengan antusiasme tinggi memberikan jeda sejenak dan kembali meramaikan suasana acara. Kegiatan berlanjut ke video pengenalan UKM SES dan Forkas serta penampilan tari yang menarik dari UKM Paradise.


Imapolstat Expo pun diwarnai dengan pemberian penghargaan untuk open house UKM dan komunitas. Open House UKM Kesenian Bidang Teater Antik mendapatkan predikat sebagai The Celestial Station (paling menarik), Udikbud Bidang Forkas sebagai The Stellar Station (peserta terbanyak), dan UKM Kerohanian Bidang Rohis sebagai The Galactic Station (panitia paling antusias).


Acara berlanjut dengan perkenalan ormawa. Sesi ini dimulai dengan pemaparan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) mengenai tugas, struktur organisasi, dan berbagai kegiatannya serta pengenalan Satuan Penegak Disiplin (SPD) melalui tayangan video. Kemudian, perwakilan dari Senat Mahasiswa (Sema) memberikan pemaparan mengenai struktur organisasi, program kerja, dan kolaborasi dengan beberapa UKM. Pengenalan ormawa diakhiri dengan penayangan video oleh Resimen Mahasiswa Batalyon Statistika (Menwa).


Kembali kepada pengenalan UKM, tayangan video dilanjutkan untuk UKM Pengabdian Masyarakat dan Kepedulian Lingkungan (PMKL), yakni Bidang GPA Cheby dan KSR. Setelah diselingi oleh penampilan teatrikal yang menawan dari UKM Kesenian Bidang Antik, tayangan video beralih ke pengenalan komunitas, yaitu STIS Drawing Club dan KMNU.


Poin yang amat penting pun tak ketinggalan untuk disampaikan. Penjelasan mengenai penggunaan One Gate System melalui laman resmi Senat Mahasiswa (sema.stis.ac.id/mahasiswa), sebagai satu-satunya jalur pendaftaran UKM dan Komunitas di Polstat STIS, disampaikan melalui sebuah video tutorial. Digelar juga sesi tanya jawab dengan peserta terkait perbedaan UKM dan Komunitas, mekanisme seleksi oleh UKM, dan mekanisme pemilihan UKM dan Komunitas di One Gate System. Pembukaan One Gate System untuk pendaftaran akan dilakukan pada hari Senin, 6 Desember 2021.


UKM Kerohanian mendapat kesempatan pengenalan di sesi selanjutnya dengan video dari Bidang Rohkris. Pengenalan UKM berakhir dengan tayangan video dari UKM Media Kampus dan penampilan menarik lainnya dari UKM Kesenian Bidang Xbar.


Sementara itu, penghargaan tidak hanya diberikan kepada UKM dan komunitas, tetapi juga kepada tiga peserta Imapolstat Expo 2021. Luqman Abdul Wahid Muhammad mendapatkan predikat sebagai Thunderstar (peserta paling aktif), Luthfiani Nur Aisyah sebagai The Landers (peserta terbanyak mengikuti Open House), dan Venny Septia Hartono sebagai Space Shuttle (peserta paling tepat waktu).


Setelah berjalan selama empat jam, acara berakhir pada pukul 12.00 WIB setelah sesi dokumentasi. Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan para mahasiswa, terutama tingkat I mendapatkan pengetahuan lebih tentang kegiatan nonakademik di kampus statistika tercinta, serta dapat mengikuti rangkaian Open Recruitment UKM, Komunitas, maupun Ormawa Polstat STIS yang diminati serta ikut berkontribusi dalam setiap kegiatannya.

Photo by:





Stay Tuned

Copyright © 2022 Media Kampus STIS