Menyulam Jalinan Kolaborasi melalui Studi Banding dengan BEM Polteknaker

Menyulam Jalinan Kolaborasi melalui Studi Banding dengan BEM Polteknaker

Tanggal Posting (16-03-2024) Vania Salsalbila Gusni

Photo by: Ghina Amalia Hidayati

Politeknik Ketenagakerjaan melakukan studi banding ke Politeknik Statistika STIS pada Minggu (3/3). Dengan tagline "Bersama Organisasi, Ciptakan Mahasiswa Muda Berprestasi", acara ini menjadi forum yang penuh makna bagi kedua perguruan tinggi kedinasan untuk saling berbagi dan belajar.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Statistika STIS, Gozali Yahya, dalam sambutannya menegaskan pentingnya membangun relasi yang lebih kuat di masa depan. "Kita perlu mengeratkan hubungan organisasi, termasuk melalui kolaborasi dalam merumuskan program kerja bersama," ujarnya dengan penuh semangat. Sementara itu, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Ketenagakerjaan, Dwiki, mengungkapkan alasannya melakukan studi banding ini. "Kami baru terbentuk selama dua tahun dan ingin belajar bagaimana cara berorganisasi dengan baik dari institusi lain," tuturnya.

Acara dimulai dengan penayangan video campus tour untuk memperlihatkan keunikan dan kekhasan dari kedua institusi. Selain itu, masing-masing ketua BEM juga memaparkan program kerja unggulan serta tugas dari tiap biro. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kedua institusi tersebut.

Photo by: Ghina Amalia Hidayati

Sesi tanya jawab menjadi momen penting bagi kedua institusi untuk berbagi kendala yang dihadapi dalam menjalankan program kerja. Banyak ilmu baru yang didapatkan dari hasil diskusi tersebut. Diskusi lebih mendalam dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD). Disini, mahasiswa kedua institusi tersebut dibagi ke dalam kelompok kecil untuk berdiskusi dan memecahkan suatu kasus yang diberikan. Antusias dan semangat terlihat sangat berkobar saat kegiatan ini berlangsung.

Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaker yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk bersantai sejenak melalui dance waka-waka dan games berupa scramble word. Setelah itu, berlangsung dokumentasi acara yang dilakukan dengan cermat untuk mengabadikan momen-momen berharga. Plakat dan sertifikat juga diberikan sebagai tanda simbolis dari kegiatan studi banding ini. Tidak lupa juga, penandatanganan berita acara.

Photo by: Ghina Amalia Hidayati

Sebagai penutup, kedua institusi menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan. Kegiatan ini jauh lebih dari sekadar acara biasa, melainkan kesempatan emas dalam memperkuat kerjasama di antara perguruan tinggi kedinasan. Semangat untuk terus belajar dan berinovasi menjadi kunci utama dalam menciptakan mahasiswa muda yang berprestasi di masa depan.





Stay Tuned

Copyright © 2023 Media Kampus STIS